Selasa, 12 Februari 2013

Makalah

KACA CERMIN BAGI PENGANTIN ( BUKAN PANTANGAN )

Assalamualaikum Wr Wb.
Suatu ironi bahwa seorang pengantin yg sedang di make up tidak boleh bercermin, tradisi seperti ini berkembang di kalangan masyarakat dan sangat dipatuhi dikarenakan perintah oleh juru rias pengantin dengan alasan ini adalah suatu pantangan bagi pengantin. Pemahaman yang seperti itu ternyata keliru dan salah besar !!!
Alasan yang sebenarnya adalah berhubungan dengan faktor psikologi pengantin kenapa? Begini... seorang pengantin yg dirias harus di tumbuhkan perasaan percaya dirinya dengan cara di puji disanjung dsb, intinya pengantin harus bisa tersenyum. Jika pengantin cemberut, wajahnya murung, marah, kecewa .... maka akan mengganggu  acara yg sedang berlangsung..... ingat semua tamu perhatiannya akan terpusat pada gerak gerik pengantin, pengantin yg bahagia yg selalu tersenyum dan ceria berbeda dengan pengantin yg cemberut, marah karena kecewa dll.
Faktor utama penyebab pengantin kecewa adalah karena riasan yg tidak sesuai ... tentu kadang ada hal lain tetapi yg dominana adalah karena riasan yg kurang pas dengan keinginannya. untuk mencegah agar manten tidak mengetahui hasil riasan diwajahnya maka pengantin dilarang untuk bercermin dengan dalih yg bermacam macam. Perlu di ingat seorang pengantin tidak akan ada seorangpun yg akan bilang bahwa manten itu jelek, saru, norak, belepotan dll tetapi mereka akan selalu dan selalu maaf sekali lagi selalu memuji  .... wah cantiknya .... wah ... dan wah... pokoknya yg indah indah MESKIPUN kadang riasanya Maaf (belepotan, kurang pas,kadang jelek sekali) mereka di depan manten akan memuji muji tetapi mereka akan menertawakan dibelakangnya.
Pertanyaan seperti ini sering sekali kita tanyakan .... Apa mantenya itu tidak tau kalau riasnya jelek kok senyam senyum dan PD banget ..... Bagaimana bisa tau wong nggak boleh bercermin dan tidak akan ada yg mengasih tau karena menjaga perasaan si manten tsb malah memuji sehingga semakin PD aja si manten !!!
Untuk merubah tradisi dan karena itu hak pengantin maka kami selalu membolehkan para pengantin untuk bercermin dan berkomentar sesuai keinginannya ..... Alhamdulillah ternyata tidak ada sesuatu apapun yg menghalangi atau mengganggu kami dan acara tetap berjalan lancar karena kami yakin dengan kemampuan make up kami dan tentu dari pertolongan dan ijin tuhan yang maha esa ALLAH SWT.
Tulisan ini kami tujukan bagi para calon pengantin dan bukan untuk menyinggung siapapun untuk itu jika ada salah kami mohon maaf yg sebesar besarnya
Wassalamualakum Wr Wb.  
 
 

2 komentar: